RSS
Container Icon

Berpikir dan Berjiwa Besar



­­­­­­BERPIKIR DAN BERJIWA BESAR
“The Magic of Thinking Big”
(Resume Buku David J. Schwartz)


A.   Kekuatan Berpikir Positif
              Keberhasilan seseorang didasarkan dari bagaimana orang itu berpikir mengenai dirinya. Jika ia berpikir mampu untuk berhasil maka keberhasilan akan diraihnya. Namun jika ia berpikir bahwa ia tidak akan mungkin berhasil, maka keberhasilan akan menjauh darinya. Pikiran optimis akan menjadikan pribadi seseorang makin percaya diri dengan apa yang dilakukannya. Sedangkan pikiran pesimis akan berlaku sebaliknya. Jangankan untuk melakukan sesuatu, hanya sekedar memikirkan idenya saja ia akan merasa bahwa apapun yang dilakukan tidak akan berhasil.
              Sementara itu orang-orang sukses adalah orang yang senantiasa berbuat. Mereka senantiasa mencari cara agar bisa hidup dengan lebih baik. Selanjutnya orang-orang itu akan merealisasikan dengan tindakan. Bagi orang-orang optimis, berbuat sekarang akan lebih baik daripada kehilangan kesempatan mereka sama sekali. Orang-orang yang sukses akan selalu berpikir positif tentang orang lain. Bagi mereka, mereka tidak akan berhasil tanpa orang lain.
              Ketakutan adalah musuh keberhasilan. Bangun kepercayaan dan hancurkan ketakutan maka Anda dapat berpikir besar untuk mencapai keberhasilan. Kurung ketakutan Anda, masukkan hanya pikiran positif ke dalam ingatan Anda, tempatkan orang dalam perspektif  yang benar, dan lakukan apa yang hati Anda katakan sebagai hal yang benar merupakan tindakan menyembuhkan ketakutan. Setiap pekerjaan besar  memerlukan orang yang berpikir untuk bertindak. Gagasan yang bagus saja tidak cukup. Gagasan sederhana yang dilaksanakan dan dikembangkan adalah seratus persen lebih baik daripada gagasan hebat yang mati karena tidak ditindaklanjuti.
              Tumbuhkan kebiasaan bertindak. Jangan menunggu hingga keadaannya sempurna karena itu tidak akan pernah terjadi. Gunakan tindakan untuk menghilangkan ketakutan dan mendapatkan kepercayaan diri. Berpikirlah dalam pengertian sekarang. Segeralah bertindak, ambil inisiatif, dan laksanakan.
Berpikirlah besar dan Anda akan hidup besar. Anda akan hidup besar di dalam kebahagiaan. Anda akan hidup besar dalam prestasi. Besar dalam pendapatan. Besar dalam jumlah teman yang Anda miliki. Besar dalam respek.
              Keberhasilan adalah tujuan hidup dan setiap manusia menginginkannya. Cara terbaik untuk memperoleh adalah dengan percaya bahwa Anda dapat berhasil. Kepercayaan, sikap positif "saya dapat" membangkitkan kekuatan, keterampilan dan energi yang diperlukan untuk berhasil. Jika Anda percaya "Saya dapat melakukannya" dan benar-benar percaya, maka "bagaimana melakukannya " pun berkembang secara otomatis. Pelajarilah bagaimana orang sukses mendekati dan mengambil keputusan, maka Anda akan berhasil. Cara melakukannya selalu muncul untuk orang yang percaya bahwa dia dapat melakukannya. 
  Kepercayaan yang kuat menggerakkan pikiran untuk mencari jalan dan sarana untuk melakukannya. Dan percaya bahwa anda dapat berhasil membuat orang lain menaruh kepercayaan kepada Anda. Mayoritas orang tidak menaruh kepercayaan yang besar akan kepercayaan. Kepercayaan akan keberhasilan adalah satu unsur dasar yang sepenuhnya esensial pada diri orang-orang yang berhasil.
              Otak Anda adalah "pabrik pikiran" yang sibuk menghasilkan pikiran yang tak terhitung setiap jam. Ada 2 mandor dalam pabrik pikiran Anda yaitu Tuan Kemenangan dan Tuan Kekalahan. Tuan Kemenangan menghasilkan pikiran-pikiran positif seperti mengembangkan alasan mengapa anda dapat, mengapa anda cakap, mengapa Anda akan berhasil. Tuan kekalahan menghasilkan pikiran-pikiran negatif  seperti mengembangkan alasan-alasan mengapa Anda tidak dapat, mengapa Anda lemah, mengapa anda tidak memadai dan mengapa Anda akan gagal. Kedua mandor tersebut sangat patuh kepada Anda Percayalah, benar-benar percaya bahwa dapat berhasil, maka Anda pun akan berhasil. Berpikirlah ragu / Anda gagal, maka anda pun akan gagal.

B.   Bangun Kepercayaan Diri dan Hancurkan Ketakutan
              Salah satu hal yang dapat membuat orang berhasil/sukses dalam hidupnya adalah karena orang tersebut mempunyai rasa kepercayaan diri yang tinggi, dan dapat menghancurkan berbagai ketakutan yang menimpanya. ada beberapa hal yang akan saya kemukakan mengenai bagaimana caranya mengembalikan kepercayaan kita, tapi sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang dapat mengakibatkan hilangnya rasa kepercayaan diri itu, antara lain:
       1. Rasa malu karena penampilan pribadi
Tindakan yang harus anda lakukan adalah : Perbaiki penampilan anda, antara lain dengan pergi ke tukang jahit yang bagus, pakaian anda harus bersih dan disetrika, rapihkan rambut anda, dan perlu anda ingat tidak perlu pakaian yang bagus, yang diperlukan adalah kerapihannya dan kebersihannya.
       2. Takut kehilangan pelanggan yang penting
            Tindakan yang harus dilakukan adalah : mulailah dari sekarang bekerja dua kali lebih keras untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. perbaiki segala yang mungkin menyebabkan pelanggan kehilangan kepercayaan kepada anda, karena dalam hal ini, modal utamanya adalah kepercayaan.
       3. Takut gagal dalam ujian
Tindakan yang harus dilakukan adalah : apabila timbul dalam diri anda kehawatiran akan agal dalam menampuh ujian, maka hal yang terbaik pada saat itu, gunakan lah untuk belajar lebih giat lagi, karena waktu akan tersia-siakan hanya untuk memikirkan kekhawatiran.
       4. Takut segalanya menjadi di luar kendali anda sepenuhnya.
Tindakan yang harus dilakukan adalah : Alihkan perhatian anda pada sesuatu yang damai sekali berbeda. Pergilah ke kebun dan cabuti rumput, atau ambillah cat dan kanfas kemudian buatlah lukisan, atau bermainlah dengan anak-anak di taman.
       5. Takut terluka secara fisik oleh sesuatu yang tidak dapat anda kendalikan, seperti tornado, atau pesawat terbang yang lepas kendali. Tindakan yang harus dilakukan adalah : Ubahlah perhatian anda untuk membantu meredakan ketakutan yang dialami oran lain. berdoalah.
       6. Takut akan apa yang mungkin orang lain pikir atau katakan
Tindakan yang harus dilakukan adalah : Pastikan bahwa apa yang anda rencanakan untuk dilakukan sudah benar, lalu kerjakan. Tak seorangpun pernah mengerjakan apa saja yang berharga tanpa mendapatkan kritik.
       7. Takut membuat investasi atau membeli rumah
Tindakan yang harus dilakukan adalah : Analisis semua faktor. kemudian ambil keputusan, dan cobalah anda bertahan dengan keputusan itu. percayai pada penilaian anda sendiri.
       8. Takut kepada orang banyak
Tindakan yang harus dilakukan adalah : Tempatkan mereka pada perspektif yang semestinya. ingat, orang lain juga manusia biasa, yang mirip sekali dengan anda.


C.   Percaya Anda dapat Berhasil, maka Anda pun Akan benar-benar Berhasil
              Keberhasilan berarti banyak hal yang mengagumkan dan positif. Keberhasilan berarti memperoleh kehormatan, kepemimpinan, disegani oleh rekan bisnis, dan populer di kalangan teman. Keberhasilan terutama berarti kebebasan: kebebasan dari kekhawatiran, ketakutan, frustrasi, dan kegagalan. Keberhasilan berarti rasa hormat kepada diri sendiri, terus menerus mendapatkan kebahagiaan yang lebih riil dan kepuasan dari hidup ini, mampu mengerjakan lebih banyak bagi mereka yang bergantung kepada Anda, dan yang kasih sayangnya begitu Anda hargai.
Keberhasilan berarti menang. Keberhasilan – prestasi – adalah tujuan hidup!
Setiap manusia menginginkan keberhasilan. Setiap orang menginginkan yang terbaik dari hidup ini
              Cara terbaik untuk memperoleh keberhasilan adalah dengan percaya bahwa Anda dapat berhasil. Tidak ada yang gaib atau rahasia mengenai kekuatan kepercayaan. Kepercayaan bekerja sebagai berikut. Kepercayaan, sikap "Saya-positif-saya-dapat," membangkitkan kekuatan, keterampilan dan energi yang diperlukan untuk berhasil. Jika Anda percaya "Saya-dapat-me-lakukannya" dan benar-benar percaya, maka "bagaimana melakukannya" pun berkembang secara otomatis.
              Setiap hari, di setiap kota dan desa, orang-orang muda memulai pekerjaan yang baru. Masing-masing "mengangankan" bahwa suatu hari mereka akan menikmati keberhasilan yang mengiringi mereka menuju puncak. Namun, mayoritas orang muda ini benar-benar tidak mempunyai kepercayaan yang diperlukan untuk mencapai jenjang tertinggi. Dan mereka pun tidak pernah mencapai puncak. Percaya bahwa tidak mungkin untuk mendaki tinggi, mereka pun tidak menemukan anak tangga yang menuju ke tempat tertinggi. Sikap mereka adalah sikap orang "kebanyakan”.Akan tetapi, sejumlah kecil orang muda ini benar-benar percaya bahwa mereka akan berhasil. Mereka mendekati pekerjaan dengan sikap "Saya-akan-mencapai-puncak." Dan dengan kepercayaan besar, mereka pun mencapai puncak. Percaya bahwa mereka akan berhasil – dan itu bukannya tidak mungkin – mereka belajar dan mengamati sikap orang-orang yang sudah berhasil. Jadi, mereka belajar bagaimana orang yang sukses mendekati masalah dan mengambil keputusan.

D.   Percayalah, benar-benar percaya bahwa Anda dapat berhasil, maka Anda pun akan berhasil
              Banyak alasan dan dalih diberikan mengenai kegagalan mereka. Sesuatu yang sangat penting tersingkap ketika Anda berbicara dengan seorang yang gagal. Dengan cara yang sambil lalu orang yang gagal melontarkan komentar seperti, "Terus terang saja, saya rasa ini tidak akan berhasil," atau "Saya ragu bahkan sebelum saya mulai," atau "Sebenarnya, saya tidak terlalu heran usaha ini tidak berhasil." 
              Sikap "Baiklah saya mau mencobanya, tetapi saya rasa ini tidak akan berhasil" akan menyebabkan kegagalan. Kesangsian adalah kekuatan yang negatif. Ketika pikiran tidak percaya atau ragu, pikiran tersebut menarik "dalih" untuk menyokong ketidakpercayaan tersebut. Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan.

E.   Berpikir ragu maka Anda gagal,  Berpikir menang, maka Anda berhasil
              Memang baik jika kita menghormati pemimpin. Belajar darinya. Mengamatinya. Mempelajari dirinya. Tetapi, jangan memujanya. Percayalah Anda dapat melebihinya. Percayalah Anda dapat mengunggulinya. Siapa yang bertahan pada sikap terbaik nomor dua pastilah menjadi orang nomor dua.
              Coba lihat dengan cara ini. Kepercayaan adalah termostat yang mengatur apa yang kita capai di dalam hidup. Pelajari orang yang berjalan dengan kaki terseret dalam keadaan pas-pasan. Ia percaya dirinya kurang berharga sehingga ia pun hanya menerima sedikit. Ia tidak percaya dirinya dapat mengerjakan hal-hal besar, dan ia pun tidak mengerjakan hal-hal besar. Ia percaya dirinya tidak penting, maka segala yang ia kerjakan mempunyai tanda tidak penting. Sementara waktu berlalu, tidak adanya kepercayaan akan diri sendiri ini terlihat dalam cara ia berbicara, berjalan, bertindak. Jika ia tidak menyesuaikan lagi termostatnya, ia akan mengerut, tumbuh semakin kecil dan semakin kecil dalam pandangannya sendiri. Dan, karena orang lain melihat diri kita seperti apa yang kita lihat di dalam diri kita, ia tumbuh semakin kecil dalam pandangan orang-orang di sekelilingnya.
              Sekarang kita lihat orang muda yang maju dengan pesat. Ia percaya dirinya sangat berharga, dan ia mendapat banyak. Ia percaya dapat menangani tugas yang besar dan sulit – dan ia melakukannya. Semua yang ia kerjakan, cara ia berhadapan dengan orang lain, karakternya, pikirannya, sudut pandangnya, semua mengatakan, "Inilah dia orang yang profesional. Ia adalah orang penting." 




F.    Bagaimana Mengembangkan Kekuatan Kepercayaan???
              Berikut ini adalah tiga pedoman untuk mendapatkan dan mengokohkan kekuatan kepercayaan: 
1.         Berpikir Sukses, jangan berpikir gagal. Di tempat kerja, dan di rumah, gantilah berpikir gagal dengan berpikir sukses. Sewaktu menghadapi situasi yang sulit, berpikirlah, "Saya akan menang," bukan "Saya akan kalah." Ketika Anda bersaing dengan orang lain, berpikirlah, "Saya sama dengan yang terbaik," bukan "Saya tidak masuk hitungan." Jika peluang muncul, berpikirlah "Saya dapat melakukannya," jangan pernah berpikir "Saya tidak dapat." Biarkan pikiran utama "Saya-akan-berhasil" mendominasi proses berpikir Anda. Berpikir sukses mengkondisi-kan pikiran Anda untuk rencana yang menghasilkan keberhasilan. Berpikir gagal mengerjakan yang persis berlawanan. Berpikir gagal mengkondisikan pikiran memikirkan pikiran-pikiran lain yang menghasilkan kegagalan.
2.         Ingatkan diri Anda secara teratur bahwa Anda lebih baik daripada yang Anda kira. Orang yang sukses bukanlah orang yang super. Sukses tidak mensyaratkan super-intelek. Juga tidak ada yang mistis mengenai sukses. Sukses tidak didasarkan pada nasib. Orang yang sukses hanyalah orang biasa yang telah mengembangkan kepercayaan kepada diri sendiri dan apa yang mereka kerjakan. Jangan pernah mengakui keraguan Anda atau mengesankan kepada orang lain bahwa Anda bukan orang kelas satu. 
3.           Percaya Besar. Besar-kecilnya keberhasilan Anda ditentukan oleh besar-kecilnya kepercayaan Anda. Pikirkanlah tujuan-tujuan yang kecil, maka harapkanlah hasil-hasil yang kecil pula. Pikirkanlah tujuan-tujuan yang besar dan dapatkan keberhasilan besar. Ingat ini pula. Gagasan besar dan rencana besar acap kali lebih mudah – yang pasti tidak lebih sulit – dibandingkan gagasan kecil dan rencana kecil.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar